Senin, 04 Mei 2020

Simbol-Simbol Pada Jaringan Komputer


Fotball Malay - Studi tentang diagram jaringan atau topologi jaringan sangat penting. Ini yang harus kita kuasai jika kita ingin mengetahui karakter jaringan komputer.

Nah, biasanya dalam diagram jaringan kita sering melihat simbol yang digambar. Simbol-simbol ini umumnya menggambarkan jenis perangkat yang digunakan serta jenis media transmisi yang digunakan pada jaringan.

Simbol dalam diagram jaringan dirancang agar kita semua dapat dengan mudah mengetahui perangkat mana yang digunakan pada jaringan. Karena itu, setiap perangkat pasti sudah memiliki simbolnya sendiri agar mudah dipahami. Berikut adalah beberapa simbol yang digunakan untuk menggambarkan perangkat jaringan dalam diagram jaringan.

1. Simbol router

Gambar tabung dengan 4 panah di dalamnya, itu adalah simbol router, yang merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda. Jika kita melihat panah, kita akan melihat bahwa ada dua panah yang menunjuk pada lingkaran dan dua yang meninggalkan lingkaran.

Penentuan keempat anak panah itu bukannya tanpa alasan. Dua panah yang menunjuk ke dalam mewakili aliran data yang berasal dari luar router atau segmen jaringan, kemudian router mengirimkan aliran data ke segmen jaringan lain yang berbeda dari sumber data yang masuk (disimbolkan oleh dua panah keluar dari lingkaran). Simbol ini karena itu sudah mewakili fungsi utama router.

2. Ubah simbol

Simbol dalam jaringan komputer yang harus Anda ketahui
Switch disimbolkan dengan kotak persegi yang memiliki 4 panah paralel, dengan dua pasang panah yang memiliki arah berlawanan. Keempat panah melambangkan bahwa aliran data melalui setiap port pada satu switch tidak akan dengan yang lain dan tidak akan bertabrakan antara aliran pada port yang berbeda. Karena switch hanya berfungsi pada jaringan LAN, bentuk dasar simbol switch dibedakan dari router, yang hanya berupa kotak persegi.

3. Simbol HUB

Simbol dalam jaringan komputer yang harus Anda ketahui
Simbol HUB dan sakelar sebenarnya hampir sama, tetapi jumlah panah membedakan kedua simbol ini.

 Dan lebih lanjut menunjukkan bahwa HUB berbeda dari sakelar. Dalam simbol Hub, hanya ada satu panah. Panah mana yang melambangkan bahwa hub hanya mentransmisikan data melalui aliran, sehingga ada kemungkinan bahwa data dari hub tersebut bertabrakan dengan data lain. Simbol hub diwakili oleh kotak karena hanya bekerja pada jaringan LAN, seperti halnya sebuah saklar.

4. Simbol firewall

Simbol dalam jaringan komputer yang harus Anda ketahui
Beberapa diagram jaringan mewakili firewall dengan simbol dinding bata yang menyala, tetapi ada juga diagram yang hanya menggambarkan firewall.

 Tapi itu tidak masalah, karena keduanya identik. Firewall adalah sistem keamanan pada jaringan yang dalam praktiknya dapat berupa perangkat lunak atau perangkat keras. Oleh karena itu, gambar di dinding dalam simbol firewall ini melambangkan filter atau penghalang untuk setiap informasi yang akan dikirim.

5. Simbol jalur koneksi

Simbol-simbol dalam diagram jaringan umumnya terhubung satu sama lain melalui jalur koneksi. Jalur koneksi ini melambangkan koneksi fisik yang umumnya berupa kabel yang menghubungkan perangkat satu sama lain.

6. Simbol nirkabel

Koneksi nirkabel umumnya dilambangkan dengan sinyal elektromagnetik.

7. Simbol internet

Dalam diagram jaringan, Internet selalu disimbolkan dengan gambar cloud, atau sering disebut "cloud". Mengapa karena awan dapat ditemukan di mana saja, kapan saja. Dan cloud di satu tempat juga dapat terhubung ke cloud di tempat lain. Karena itu, cukup melambangkan Internet yang dapat kita jangkau dari mana saja untuk terhubung dengan siapa saja dan di mana pun mereka berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar